Rabu, 05 Agustus 2015

September menuju NTT, Berada Festival Bahari Alor

September menuju NTT, Berada Festival Bahari Alor
Rabu, 5sepuluh WIB
KOMPAS/SARIE FEBRIANE Pantai Batu Putih pada Pulau Alor.
Keterangan Terkait

Menjelajahi Alam Bawah Laut Alor
Menggunakan Usai Minggu dalam Pulau Alor
Gubernur NTT: Promosi Pariwisata Tetap Tertinggal
Juli 2015, Kabupaten Alor Titel Festival Pariwisata Bahari

0
KUPANG, KOMPAS.com -Sekitar 200 klub lokal serta asing ditargetkan ikut berkecimpung di Festival bahari Alor dengan Adventure Indonesia (FAI) yang akan dihelat 15-20 September 2015 dalam Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ditargetkan pesertanya tetangga 200 dari pada serta luar negeri," kata Administrator PT Way 2 East Indonesia, penyelenggara kegiatan, Adi Gerimu, di Kupang, Pekan (2/8/2015).

Seusai dapat melaksanakan aktivitas Festival Adventure Indonesia (FAI) pertama kali di Kabupaten Lembata dalam 24- 29 September 2014 juga memperoleh 120 klub, saat ini PT Way 2 East Indonesia kembali menggelar aktifitas yang sebanding yang diselenggarakan pada 15- 20 September 2015 pada Kabupaten Alor.

Untuknya, tujuan acara FAI 2015 dalam Alor yakni, ialah acara penggerak atau pembuka bursa masuknya pelancong ke Alor. Selain tersebut, bebernya, mempercepat perkembangan berwisata di Alor, mempersiapkan Alor merupakan target wisaya terupdate dalam NTT dan mengajak seluruh kalangan lokal demi menjadi bagian dari kemajuan liburan dalam Alor sejak dari kini.

Ada 5 acara yang telah disiapkan dalam FAI 2015, ialah menyelam, bersepeda, pendakian, photography hunting, dan tour budaya. Selain 5 kegiatan itu, jelas Adi, akan diadakan kegiatan tambahan untuk mendukung promosi Alor menuju depan, yakni pertemuan investor yang akan dihadiri 15 investor pada bidang properti pariwisata, pelayanan, transportasi dari Bali, Surabaya, serta Jakarta.

Pihaknya, sambung Adi, menghidupkan kembali upacara kesuksesan perang tradisi "Gala Soro" dengan parade serta atraksi 100 kapal perang tradisioal dari para suku dalam Kabupaten Alor. Pelatihan menulis tapi penulis travel terbaik dengan tulisan-tulisannya bakal dijadikan buku 'Journey to Alor, Special Edition'.

Adi menyampaikan, FAI 2015 tersebut didukung tapi Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata juga Ekonomi Kreatif NTT, dan Pemerintah Daerah Alor. Dukungan dari kementerian pariwisata diantara lain, promosi di Bali serta beyond travel fair 2015 pada Nusa Dua, Bali. Termasuk serta pelaksanaan alat juga komunitas gathering di Bandung.

Bupati Alor, Amon Djogo menambahkan, Festival Bahari Alor yang dimainkan bersamaan juga FAI 2015, akan menyelenggarakan dua event bahari yang sudah ditinggalkan seluruh kalangan lebih kurang tiga masa lamanya.

Acara disebut yakni Pou Hari, yakni upacara pemberian sesajian menurut roh-roh laut untuk mencurahkan berkat bagi masyarakat di Desa Alor Sampingan berupa sangat banyak ikan yang bermunculan pada pinggir pantai konsekuensi Arus Laut Dingin.

Aktivitas kedua yaitu, Gala Soro yakni upacara kesuksesan perang yang dilakukan di laut menurut suku- suku pada Alor. "Festival Bahari Alor bakal dilangsungkan pada Pantai Sebanjar, Desa Alor Besar. Acara itu dengan sebagai puncak aktivitas FAI 2015," kata Amon.

Bupati Alor, Amon Jobo, yang berada dalam Kupang dengan Kadis Pariwisata serta Kebudayaan Alor, Sri Inang Anand Enga serta perwakilan Trans Nusa, berharap penyelenggaraan Festival Adventure Indonesia (FAI) 15-20 September 2015 mendatang yang terselengara berkat bekerja sejenis juga PT Way2East Indonesia bakal emakin mempromosikan daerah itu ke dunia internasional.

Dengan begitu, berhasil menggoda animo pelancong global ke daerah tersebut serta secara bukan langung memberi kontribusi bagi laba perekonomian serta perkapita mayarakat setempat di memenuhi kesejahteraaannya," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar