Senin, 10 Agustus 2015

Yuk, Tunggu Pembuatan Gula Jawa pada Kampung Kopi Banaran

Yuk, Tunggu Pembuatan Gula Jawa pada Kampung Kopi Banaran
Kamis, 6sepuluh:06 WIB
kompas.com/ syahrul munir Pengunjung melongok proses pembutan gula jawa pada Kawasan Bertamasya Agro Kampoeng Kopi Banaran yang letaknya di Bawen, Kabupaten Semarang.
Info Terkait

Segarnya Es Teler, Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo, Segarnya...
Inilah Kudapan Manis Serba Pisang di Makassar
Berbuka Puasa dan Es Pisang Ijo, Nikmat...

0
SEMARANG, KOMPAS.com - Tahukah Kamu bagaimana gula jawa dibuat? Kalau Kita keingintahuan juga proses pembuatannya, raihlah ke Kawasan Berwisata Agro Kampoeng Kopi Banaran yang letaknya dalam Bawen, Kabupaten Semarang.

Selain Kita berhasil menggunakan kopi pada tengah kebun kopi, pengelola begitu juga menyajikan demonstrasi pembuatan gula jawa. Diakhir pekan serta ketika yang sudah dijadwalkan, dalam sebuah gazebo minor yang letaknya jitu dalam samping kiri mushala dalam kawasan tersebut, pengunjung disajikan praktek tahapan pembuatan gula yang berbahan nila kelapa itu.

Pada penghujung praktek, gula yang sudah dibuat mampu dibawa pulang merupakan oleh-oleh. Di diantara puluhan di akhir minggu, Minggu (2/8/2015) kemarin itu merupakan Iswati (50), seorang guru SD dari Klaten.

Menurut Ismawati, tersebut adalah pengalaman lalu pertamanya melihat juga kecanduan memasuki langsung pembuatan gula. Dia menyatakan proses membuat gula jawa kini cukup rumit.

"Selama itu tahunya ya dari buku bacaan. Dalam sini ini saya dan teman-teman berhasil tahu langsung dengan dewasa ini sangat banyak hanya sekali tahapannya," ujar guru strata IV ini.

Sementara tersebut salah seorang tutor pembuat gula jawa, Suswanto (35), warga Desa Kroyo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, mengungkapkan senang dipercaya tetapi pihak pengelola demi membagi ilmu tentang proses pembuatan gula jawa menurut pengunjung Berlibur Agro Kampoeng Kopi Banaran.

"Tiap berhenti pekan saya diminta demi demonstrasi di sini. Mulai dari memasak nira kelapa hingga masuk ke cetakan bambu," ungkap Suswanto.

Suswanto mengakui setiap 10 liter nira kelapa, bisa merebut satu kota dua setelah tiga kilogram gula. Adapun proses memasaknya membutuhkan kondisi diantara seorang sampai 2 jam. Pria yang sudah menekuni usahanya sepanjang 8 tahun tersebut menjelaskan, dalam sehari dirinya bisa menghasilkan sekota 7-8 kilogram.

"Satu kilogram gula jawa, kami jual seharga Rp 17.000, untuk bahan-bahannya dari kebun kelapa punya sendiri. Biasanya kamu (jual) pada pasar-pasar tradisional pada Kabupaten Semarang," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar